10 Fakta Unik tentang Lebah Penghasil Madu

  1. Lebah madu adalah penyerbuk super-penting bagi bunga, buah-buahan dan sayuran. Kenapa penting? Sebab lebah madu membantu tanaman-tenaman lain untuk tumbuh! Lebah men-transfer serbuk sari dipisahkan antara bagian jantan dan bagian betina, yang memungkinkan tanaman untuk tumbuh biji dan berbuah. 
  2. Madu lebah hidup di sarang (atau koloni). Para anggota sarang dibagi menjadi tiga jenis:
    • Queen: Seekor Ratu Lebah atau queen menjalankan seluruh sarang. Tugas ratu lebah yaitu menyimpan telur generasi baru di setiap sel yang berbentuk hexagon (segi enam) alias sarang lebah. Ratu juga memproduksi bahan kimia (feromon) yang memandu perilaku lebah lainnya.
    • Lebah Pekerja: Semua lebah pekerja adalah betina yang berperan sebagai pencari makanan (serbuk sari atau bee pollen dan nektar dari bunga, membangun dan melindungi sarang, membersihkan sarang serta sirkulasi udara dengan cara mengepakkan sayap mereka. Lebah pekerja adalah satu-satunya lebah yang jamak orang melihatnya terbang di sekitar luar sarang.
    • Drone: Atau lebah jantan berprean sebagai pejantan saat kawin dengan ratu baru. Beberapa ratus ekor drone hidup dalam setiap sarang selama musim semi dan musim panas. Tapi saat datang musim dingin, ketika sarang masuk masa bertahan hidup semua drone terbang keluar sarang.
  3. Sepanjang musim dingin, sarang berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Mereka menghasilkan madu lalu mereka simpan dalam sarang selama musim dingin. Lebah madu memproduksi dan menghasilkan madu 2 atau 3 kali lebih banyak dari yang mereka sendiri butuhkan. 
  4. Jika ratu lebah mati, lebah pekerja akan mengangkat ratu baru dengan cara memilih larva muda (bayi serangga yang baru menetas) dengan cara memberinya makan makanan khusus yang disebut 'royal jelly', tujuannya agar larva tumbuh menjadi seekor ratu.
  5. Madu lebah terbang dengan kecepatan lebih-kurang 25 km per jam dan mengepakkan sayap 200 kali per detik!
  6. Setiap lebah mampu mencium 170 jenis bau, penciuman lebah madu digunakan untuk berkomunikasi di dalam sarang dan untuk mengenali berbagai jenis bunga ketika mencari makanan.
  7. Rata-rata lebah pekerja hidup selama 5 (lima) sampai 6 (enam) minggu. Selama ini, setiap satu ekor lebah madu akan menghasilkan lebih kurang 12 (dua belas) sendok teh madu.
  8. Ratu lebah mampu hidup hingga 5 (lima) tahun. Ratu lebah adalah lebah paling sibuk di setiap musim panas. Dan ratu lebah mampu berbaring untuk bertelur sebanyak 2.500 (dua ribu lima ratus) telur per hari!
  9. Lebah madu sering berbagi informasi dengan lebah madu lain seputar sumber makanan terbaik. Caranya dengan memberikan kode berupa 'tarian mengibas'. Ketika pekerja kembali ke sarangnya, bergerak membentuk angka delapan dengan tubuhnya untuk menunjukkan arah dari sumber makanan. Keren, ya?
  10. Sayangnya, selama 15 tahun terakhir, koloni lebah telah menghilang, dan alasannya masih belum diketahui. Disinyalir terdapat miliaran lebah madu di seluruh dunia meninggalkan sarang mereka namun tidak pernah kembali.
10 Fakta Unik tentang Lebah Penghasil Madu
10 Fakta Unik tentang Lebah Penghasil Madu [foto : Internet]

Itulah sepenggal artikel tentang 10 Fakta Unik tentang Lebah Penghasil Madu - semoga menambah wawasan Anda tentang Lebah dan Madu.

Komentar