Madu Lebah Berkhasiat Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan sebuah kondisi terjadinya penurunan kualitas dari kepadatan tulang. Sehingga tulang menjadi keropos bahkan rentan sekali terjadi keretakan. Pada umumnya, osteoporosis terdeteksi pasca terjadinya keretakan tulang di dalam tubuh seseorang atau pasca pasien mengalami jatuh ringan.

Menyoal osteoporosis, sudah ada penelitian ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia yang menyebutkan bahwa madu lebah mampu mengobati penyakit tulang keropos alias osteoporosis. Disebutkan dalam sebuah portal berita, Penelitian Mahasiswa Unair, Madu Lebah Berkhasiat Cegah Osteoporosis.

Madu Lebah Berkhasiat Mencegah Osteoporosis
Penelitian Mahasiswa Unair, Madu Lebah Berkhasiat Cegah Osteoporosis [internet]
Madu dari lebah apis dorsata setelah diteliti bisa bermanfaat sebagai obat pencegahan osteoporosis. Hal ini dikemukakan oleh beberapa mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) lewat interpretasi Scanning Electron Microscope (SEM).

Beberapa mahasiswa sebagai peneliti yang dimaksud adalah kelompok mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga. Mereka antara lain:
  • Samsi Yordan (2015) selaku ketua, 
  • Abdullah Hasib (2013) selaku anggota, 
  • M. Huda Ramadhan (2015) selaku anggota, 
  • Salsabilla Abani (2016) selaku anggota, dan 
  • Siti Nur Rohmah (2015) selaku anggota.
Apa yang sudah termaktub di dalam penelitian oleh para mahasiswa ini sekaligus dijadikan sebagai materi proposal dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE). Kegiatannya mereka ini langsung dibimbing oleh dosen mereka yaitu; Ira Yudaniayanti. 

Madu dari lebah apis dorsata setelah diteliti bisa bermanfaat sebagai obat pencegahan osteoporosis.
Madu dari lebah apis dorsata setelah diteliti bisa bermanfaat sebagai obat pencegahan osteoporosis. 

Penelitian mereka yang menyatakan Madu Lebah Berkhasiat Mencegah Osteoporosis ini berhasil lolos seleksi sehingga berhak meraih dana penelitian dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam program PKM periode 2016-2017.

"Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang itu menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak," ungkap Samsi Yordan.

Gangguan osteoporosis dipengaruhi oleh 4 (empat) faktor utama; 
  1. jenis kelamin (gender), 
  2. usia, 
  3. ras/suku, serta 
  4. keturunan.
Faktor utama penyebab tulang keropos (osteoporosis) yaitu adanya penurunan hormon estrogen. Biasanya terjadi pada seorang perempuan atau hewan yang tengah mengalami histerektomi atau akan mengalami gejala menopouse. 

matrik tulang manusia osteoblast dan osteoklast
Matrik tulang manusia osteoblast dan osteoklast [internet]
Ketika hormon estrogen tidak diproduksi lagi dalam diri seseorang maka pembentukan osteoblast menjadi terhambat akibatnya terjadi peningkatan osteoklast meningkat. Pada akhirnya terjadilah kerusakan tulang dengan proses yang lebih cepat daripada pembentukan tulang.

Hingga saat ini sudah diketahui pengobatan utama osteoporosis melalui hormone replacement therapy (HRT) dan bifosfonat. Akan tetapi terapi ini berresiko. Menurut informasi yang ditulis oleh berita - faktanya, penggunaan HRT bisa berpotensi menimbulkan kanker payudara. 

TAHUKAH ANDA? Mengobati osteoporosis bisa menggunakan kalsium dan vitamin D. Juga bisa menggunakan madu asli lebah hutan tropis.

Takjarang pula, pasien yang mengalami osteoporosis diberi resep untuk mengkonsumsi obat-obatan yang diperoleh dengan mudah di apotek. Tetapi, obat-obatan pun memiliki resiko yang merugikan tubuh pasien. 

Efek samping yang biasanya dirasakan oleh pasien osteoporosis yang mengkonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter seperti; nyeri lambung. Apalagi jika mengonsumsi obatnya dilakukan dengan cara yang tidak sesuai anjuran dokter.

Madu Lebah Berkhasiat Mencegah Osteoporosis

Di luar berita itu semua, kini sudah ada kabar gembira bahwa madu memiliki banyak sekali antioksidan. Sebut saja flavonoid dan asam fenolat. Flavonols dalam madu akan bekerja bersama esterogen secara interaktif lewat reseptor ER-β dan ER-α. Sedangkan kandungan asam glukonat dalam madu mampu meningkatkan absorbsi kalsium di dalam usus.

Samsi bersama dengan anggotanya telah meneliti bahwa Madu Lebah Berkhasiat Mencegah Osteoporosis dengan memanfaatkan binatang percobaan. Merka mencoba menggunakan tikus putih yang berperan sebagai Ovariohystercetomy atau proses pengambilan ovarium.

Tikus putih ini mereka beri madu dengan dosis yang berbeda-beda selama bulan Maret hingga Juni 2017. Setelah masuk minggu ke-12, tikus putih ini dinekropsi (autopsi hewan) untuk diambila os femur-nya kemudian dianalisa menggunakan Scanning Electron Microscope (SEM).

Dari percobaan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa tulang yang tidak diberi madu mengindikasikan terjadinya penurunan mikroarsitektur. Sebaliknya, pada tulang yang diberi madu dengan dosis tinggi terdapat hasil kepadatan tulang dalam keadaan normal serta tidak terjadi penurunan mikroarsitektur tulang. 

Dari penelitian di atas bisa ditarik kesimpulan akhir bahwa madu lebah Apis dorsata dapat berguna sebagai obat pencegahan osteoporosis. Mereka (Samsi dan kawan-kawan) berharap, penelitiannya tersebut bisa disosialisasikan kepada masyarakat sebagai tambahan wawasan khususnya pengetahuan kesehatan tubuh manusia.

"Dengan mengetahui dan lebih memilih memanfaatkan bahan pengobatan alami dibandingkan bahan kimia akan membawa dampak yang baik bagi tubuh,” pungkas Samsi Yordan dengan tegas. [w1/08-ini]
kabar24.bisnis.com/read/20170731/255/676379/penelitian-mahasiswa-unair-madu-lebah-berkhasiat-cegah-osteoporosis

Komentar